Dari 73 Golongan Umat Muslim di Seluruh Dunia, Hanya Satu yang Akan Masuk Surga

73 Golongan Umat Islam

BeritaMuslim.com – Sebuah Hadits Nabi pernah menyebutkan bahwa suatu saat umat Islam di seluruh dunia akan terpecah menjadi 73 golongan yang berbeda beda. Di mana diantara 73 golongan tersebut hanya akan ada satu golongan saja yang masuk surga kelak pada hari pembalasan. Melihat hadits ini tentu akan menunjukkan bahwa untuk mendapatkan surga Allah memang bukanlah perkara yang mudah.

Bahkan, dari hadits tersebut juga terbesit informasi bahwa menjadi seorang muslim pun bukanlah jaminan untuk masuk surga, bahkan sebagian besar umat muslim malah tidak akan masuk surga sebab hanya ada satu golongan saja diantara 73 golongan. Sehingga dapat dimpulkan bahwa perbandingannya mencapai angka 1 berbanding 72. Sungguh hal ini perlu menjadi sebuah refleksi.

Golongan yang Berhak Masuk Islam

Melanjutkan hadits di atas, tentu akan muncul berbegai macam pertanyaan siapa atau golongan yang manakah yang beruntung dapat menikmati surga Allah tersebut? Oleh sebab itu, Nabi telah menjelaskan secara mendetail tentang golongan yang dapat masuk surga, mereka adalah golongan yang mana terdapat ajaran Allah dan Rasul-Nya di dalamnya.

Dari penjelasan tersebut jelas bahwa golongan umat muslim yang berhak masuk surga adalah golongan yang selalu tunduk patuh serta selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT beserta Rasul-Nya. Sebab, jika seorang umat muslim melakukan hal tersebut tentu saja akan membuat perjalanan hidupnya selalu dipenuhi dengan keberkahan, bahkan sampai kelak ia meninggal dunia.

Maka dari itu, selayaknya sesama umat muslim saling menghormati dan saling memberikan dukungan. Sebab, dari hadits tersebut tidak p[ernah disebutkan golongan dalam bentuk organisasi masyarakat atau pun organisasi islam yang berhak untuk mendapatkan surga, namun yang disebutkan secara rinci adalah golongan yang selalu mengamalkan perintah dan larangan Allah beserta Rasul-Nya.

Itulah mengapa semua kelompok kelompok umat muslim pada setiap organisasi Islam yang ada dan tersebar di seluruh dunia masing masing memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan surga. Hanya saja mereka harus mematuhi syarat yang telah diberikan oleh nabi, yaitu menjadi salah satu anggota golongan yang selalu melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Allah beserta Rasulullah.