Berhaji, Ibadah Sesuai Panggilan Allah

Ibadah Haji Menunggu Panggilan Allah

BeritaMuslim.com –  Bulan bulan ini adalah bulan di mana para calon jamaah ibadah haji mulai berdatangan ke tanah suci. Tentu ini menjadi sebuah bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat islam di seluruh penjuru dunia. Sebab, kelak pada tanggal 9 Dzulhijjah para umat muslim yang melaksanakan ibadah jamaah haji akan melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Itulah satu satunya hari di mana para jamaah bisa melakukan rukun haji tersebut.

Selain tanggah 9 Dzulhijjah, umat muslim tidak dapat melaksanakan wukuf, sehingga hal tersebutlah yang membuat pelaksanaan ibadah haji hanya bisa dilakukan sekali saja dalam satu tahun. Sedangkan rukun rukun haji yang lain seperti ikhram, sa’i, lempar jumrah, dan sebagainya bisa dilakukan pada waktu kapan saja, dan ibadah yang dilakukan dengan melakukan rukun haji tanpa wukuf disebut sebagai umrah.

Menjalani ibadah haji adalah sebuah panggilan dari Allah SWT untuk mengunjungi rumah-Nya. Sehingga, berhaji memang bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi orang Indonesia, yang memang harus memerlukan banyak sekali biaya untuk menuju ke Arab Saudi sana. Selain itu, kondisi kesehatan pun juga harus benar benar baik, sehingga seseorang yang melaksanakan ibadah haji dapat menyelesaikan segala rukun haji, dan kemudian dapat kembali pulang ke tanah air dengan selamat.

Menunggu Panggilan Allah Untuk Berhaji

Ditambah satu lagi hal yang paling penting, yaitu panggilan dari Allah. Sebab, belum tentu seseorang yang telah memiliki biaya yang cukup dan kondisi kesehatan yang baik dapat melaksanakan ibadah haji. Terkadang belum ada kemauan ataupun dorongan dari dalam diri sendiri untuk melaksanakannya. Inilah yang disebut sebagai kondisi di mana panggilan Allah untuk mengunjungi rumahnya belum juga diserukan.

Selanjutnya, ada pula orang yang sebenarnya tidak memiliki bekal apapun dalam wujud materi untuk pergi melaksanakan ibadah haji, namun orang tersebut tanpa disangka sangka memiliki jalan untuk pergi berhaji. Hal tersebut disebabkan karena orang tersebut telah mendapatkan panggilan dari Allah, sehingga entah dengan cara apapun, ia dapat melaksanakan ibadah haji. Mendapatkan hadiah undian dari suatu produk misalnya. Maka dari itu, kita hendaknya selalu optimis untuk dapat berhaji, dan senantiasa memanjatkan doa kepada Allah untuk mendapatkan panggilan dari-Nya.