Perkuat Ukuwwah Islamiyah Untuk Mempersatukan Umat Muslim

Perkuat Ukuwwah Islamiyah Untuk Mempersatukan Umat Muslim

BeritaMuslim.com –  Setiap umat muslim tentu saja ingin memiliki karunia yang sangat luar biasa dari Allah berupa ukhuwwah, dalam hal ini adalah ukhuwwah islamiyah. Sebab, secara mendasar ukhuwwah dapat diartikan sebagai suatu karunia, cahaya, dan nikmat ilahiyah yang dituangkan oleh Allah ke dalam hati hambaNya yang ikhlas, para wali pilihan dan orang orang yang bertaqwa kepadaNya.

Ukhuwwah islamiyah merupakan suatu kekuatan  iman spiritual yang melahirkan perasaan yang mendalam terhadap kasih sayang, mahabbah (kecintaan), kemuliaan, dan rasa saling percaya sesama orang yang terikat dengan aqidah Islam, iman, dan taqwa. Perasaan persaudaraan ini melahirkan keutamaan dan keikhlasan kasih sayang yang melahirkan sikap positif, seperti tolong menolong, mengutamakan orang lain, kasih sayang, pemaaf, pemurah, setia kawan dan sikap mulia yang lainnya.

Keberadaan ukhuwwah islamiyah sebagai sebuah karunia Allah merupaka berkah yang sangat luar biasa. Apabila setiap muslim di seluruh dunia ini sadar akan nikmat tersebut, maka jelas tidak akan ada lagi perseteruan antara umat muslim seperti yang tengah terjadi akhir akhir ini.

Krisis Ukhuwwah yang Menyebabkan Perseteruan

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini umat muslim di seluruh dunia ini sedang mengalami krisis Ukhuwwah Islamiyah yang sangat parah, sehingga menyebabkan rasa persaudaraan sesama muslim semakin terkikis. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perseteruan antara umat muslim. Padahal, Allah telah menyebutkan bahwa setiap muslim adalah saudara yang seharusnya saling tolong menolong dalam hal kebaikan, bukan malah saling menjatuhkan dan saling berseteru.

Saat ini belumlah terlambat jika seorang muslim kembali meningkatkan rasa ukhuwwah islamiyah di dalam hatinya, sehingga kelak dapat menjadi seseorang yang mampu menahan emosi atau kemarahan untuk berseteru dengan orang lain yang sama sama beragama islam. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah kebaikan. Jika tidak sekarang, maka kapan lagi?

Di sisi lain, menjalin persaudaraan yang erat antara sesama muslim memang merupakan sebuah kewajiban bagi para muslim. Sebab hal tersebut bisa menjadi sebuah dasar atau azas dalam menjalankan setiap langkah perjalanan hidup. Hubunga persaudaraan yang erat antarmuslim dapat menjadi cahaya petunjuk untuk kehidupan kelak yang lebih baik.