Ada Dampak yang Kurang Baik Dari Maraknya Tiket Pesawat Murah, Apa Sajakah Itu?

BeritaMuslim.com – Zaman sekarang, bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Seiring berjalannya waktu, banyak agen travel penyedia jasa pembelian tiket kapal udara yang memberikan banyak promo, sehingga harga sebuah tiket pesawat bukanlah harga yang terlalu fantastis lagi. Hal tersebut tak lain karena semakin banyaknya perusahaan Airlines, sehingga terjadi persaingan promosi.

Apalagi kemunculan pesawat pesawat kelas ekonomi dengan harga yang relatif murah dari beberapa perusahaan Airlines, jelas membuat jangkauan penumpang pesawat semakin lebar. Pesawat tidak lagi menjadi moda transportasi yang identik dengan orang orang dengan kondisi ekonomi menengah ke atas, namun juga telah menjangkai masyarakat dengan kondisi kelas ekonomi menengah ke bawah.

Naik Pesawat, Gaya Hidup Berubah

Kemunculan pesawan pesawat dengan harga tiket yang relatif sangat murah tersebut jelas memberikan dampak pada gaya hidup masyarakat. Bagaimanapun juga, penumpang pesawat tetap memiliki pandangan sebagai penumpang penumpang elit. Walaupun sebenarnya mereka hanya mampu membeli tiket pesawat kelas ekonomi yang memang diperuntukkan pada orang orang dengan kondisi ekonomi terbatas supaya dapat menikmati fasilitas menaiki pesawat.

Perubahan gaya hidup yang ditimbulkan atas hal tersebut ternyata tidak hanya sesederhana yang terbayangkan. Sekalipun harga tiket pesawat tersebut lumayan terjangkau, namun orang orang yang membelinya tetap tidak akan berpenampilan biasa ketika menaiki pesawat tersebut.

Menjadi penumpang pesawat adalah sesuatu yang sangat istimewa, sehingga terkadang sebagian besar dari orang orang kelas menengah ke bawah yang memiliki kesempatan untuk menumpang pesawat akan melakukan hal hal yang sesuangguhnya sangat tidak efisien dan cenderung menjadi suatu pemborosan. Tentu kebutuhan untuk menunjang penampilan seseorang ketika hendak menaiki pesawat membutuhkan banyak biaya, bahkan bisa saja biayanya melebihi harga tiket pesawat itu sendiri.

Belum lagi dampak yang ditimbulkan pasca naik pesawat, jelas akan membuat orang orang dari kelas ekonomi menengah ke bawah akan merasa menjadi orang yang lebih elit, sehingga bisa saja mereka menjadi (maaf) tidak tahu diri. Sangat dimungkinkan gaya hidup mereka akan semakin glamor dan cenderung berfoya foya. Hal tersebut tentu bukan sesuatu yang positif. Namun demikian, bukan berarti memilih pesawat sebagai pilihan moda transportasi bagi semua kalangan adalah hal yang salah, semua sah sah saja, asal sesuai porsinya masing masing.