Puing Ditemukan, Babak Baru Misteri MH370

BeritaMuslim.com – Dunia internasional kembali dihebohkan dengan berita terbaru seputar perkembangan pesawat boeing 777 milik maskapai Malaysia Airlines yang telah dinyatakan hilang sejak lebih dari satu tahun yang lalu, yakni tepatnya pada tanggal 8 Maret 2014. Saat itu pesawat dengan nomor penerbangan MH370 tersebut dijadwalkan akan terbang dari bandara di Malaysia dan akan mendarat di Beijing, China.

Namun nahas, beberapa menit pasca lepas landas, pesawat tersebut dinyatakan hilang kontak dengan menara pengawas di bandara, dan hingga saat ini belum juga ditemukan. Berbagai spekulasi terkait hilangnya pesawat yang menerbangkan 239 penumpang sekaligus awak kabin tersebut, mulai dari adanya dugaan pembajakan pesawat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hingga dugaan pesawat meledak di udara.

Bahkan saat itu, tepatnya beberapa hari setelah tragedi mencengangkan tersebut terjadi, media memang memberikan sorotan yang tajam pada pemberitaan MH370. Banyak pihak pihak yang turut mengutarakan pendapat terkait hilangnya pesawat tersebut. Sehingga, kejelasan di mana pesawat tersebut berada semakin buram. Akhirnya, keluarga dari penumpang dan awak yang menjadi korban pun lah yang akan dirugikan.

Hingga akhirnya, setelah beberapa bulan dilakukan pencarian terkait keberadaan badan pesawat Malayasia Airlines MH370 dan tidak mendapatkan hasil yang signifikan, akhirnya pihak Malaysia mengumumkan secara resmi untuk memberhentikan pencarian badan pesawat tersebut secara besar besaran, dan penumpang sekaligus awak dinyatakan tak ada satu pun yang selamat.

Puing yang Diduga Milik MH370 Terdampar di La Reunion

Satu tahun lebih beberapa bulan kemudian pasca hilangnya pesawat tersebut, tepatnya pada 30 Juli 2015 kemarin, sebuah serpihan mirip potongan sayap pesawat yang diyakini sebagai bagian dari pesawat MH370 yang hilang tersebut ditemukan terdampar di Pantai Saint-Andre, Pulau La Reunion yang merupakan salah satu pulau yang dimiliki oleh Prancis. Pulau tersebut terletak di Samudera Hindia dekat Madagaskar.

Jarak tempat di mana serpihan tersebut ditemukan dengan area pencarian MH370 di Samudera Hindia adalah sejauh sekitar 3.700 kilometer. Sesuai denga perkiraan para ahli, bahwa dalam jangka waktu setahun atau lebih, pola arus laut pasti akan membawa beberapa puing dari pesawat tersebut ke daratan jika memang pesawat tersebut benar benar terjatuh di Lautan Samudera Hindia. Penemuan tersebut seolah membuka kembali lembaran media tentang misteri MH370 yang hingga kini belum terpecahkan.