Wahai Umat Muslim, Berbahagialah Saat Hari Jumat Telah Tiba

BeritaMuslim.com – Umat muslim memiliki hari yang sangat istimewa dalam setiap minggunya, hari itu adalah hari jumat. Bagi umat muslim, hari jumat memang memiliki keunggulan yang sangat luar biasa. Bahkan, keistimewaan tersebut telah difirmankan oleh Allah SWT menjadi salah satu nama surat di dalam Al Quran, Surat Jum’ah. Dalam surat tersebut, di jelaskan berbagai keutamaan hari jumat dibandingkan dengan hari hari yang lainnya.

Saking istimewanya, Allah sampai mengingatkan umatnya melalui salah satu ayat bahwa orang orang, terutama para laki laki, untuk meninggalkan kegiatan berdagang mereka saat waktu salat jumat telah tiba. Salat jumat merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim laki laki. Bahkan, salat jumat disebut sebut sebagai salah satu salat hari raya bagi umat muslim. Sehingga, sangat dianjurkan bagi para laki laki untuk memakai pakaian pakaian yang bersih dan rapih, serta berbagai wewangian saat akan melaksanakan ibadah salat jumat di masjid.

Hari jumat adalah hari yang paling mustajab berdo’a

Secara umum, dengan pemaknaan bebas, mustajab berarti sesuatu yang paling ampuh. Dalam kaitannya dengan hal ini, mustajab dalam berdoa berarti hari jumat adalah hari yang sangat dianjurkan untuk melakukan doa kepada Allah SWT, sebab doa yang dilaksanakan di hari jumat memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.

Hari diturunkannya pengampunan dari Allah SWT

Sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan ibadah salat jumat dengan segala ketentuannya, termasuk berpakaian rapi dan wangi, maka niscaya Allah akan mengabulkan dosa dosanya. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa hari jumat adalah hari di mana Allah memberikan segala pengampunan atas segala kesalahan umat manusia yang bertaqwa.

Hari yang diyakini bahwa jika seorang muslim yang meninggal dunia, maka insyaAllah akan khusnul khotimah

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi dijelaskan bahwa, setiap musli yang mati pada hari jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Hal ini menandakan bahwa umat muslim, tentu saja yang beriman, yang meninggal dunia di hari jumat insyaAllah khusnul khotimah.