6 Hal yang Harus Anda Lakukan Supaya Bisnis Anda Sesuai dengan Bisnis Ala Rasulullah

BeritaMuslim.com – Jika Anda seorang muslim tentu saja Anda telah tahu bahwa Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pebisnis yang sangat handal. Ia adalah seseorang yang memiliki reputasi yang sangat luar biasa baik di dalam dunia bisnis. Hal tersebut dikarena Rasulullah memang telah memulai bisnis sejak beliau masih berusia belia, selian itu ia selalu menggunakan cara cara yang terbaik di setiap menjalankan usahanya.

Meskipun awalnya Rasulllah hanyalah seorang penggembala kambing, namun hal tersebut tidak pernah membuatnya berlaku curang. Ia selalu melakukan pekerjaannya secara jujur dan akhirnya hal tersebutlah yang mengantarkannya kepada titik kesuksesan di dalam melakukan sebuah usaha. Karena pada dasarnya usaha atau bisnis memang bukan hanya persoalan untung atau rugi saja, namun juga untuk mencari rida Allah.

Berikut ini adalah 6 hal yang membuat Nabi Muhammad SAW dapat mencapai tingkat kesuksesan selama menjalankan bisnisnya. Bagi anda yang ingin mengikuti jejak nabi, maka sebaiknya anda menerapkan 6 hal ini pada bisnis yang tengah anda jalankan.

Jujur dalam Bisnisnya

Kejujuran adalah syarat yang paling mendasar dalam bisnis yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW. Ia tidak pernah berbohong atas barang barang yang ia perdagangkan. Hal tersebutlah yang membuatnya menjadi dipercaya oleh banyak pihak.

Bertanggung Jawab

Nabi SAW selalu bertanggung jawab atas segala perilaku dalam berbisnis yang dilakukannya. Tanggung jawab tersebut tidak hanya dilakukan pada sesama manusia yang menjadi partner ataupun konsumennya, namun juga bertanggung jawab moral pada Allah SWT.

Berniat Baik di Dalam Bisnisnya

Nabi selalu menanamkan niat untuk berbuat baik dari setiap bisnis yang dijalankannya. Sehingga bisnis tersebut tidak hanya semata mata untuk mencari penghasilan saja.

Menjaga Nama Baik

Rasulullah selalu menjaga nama baiknya tiap kali menjalankan bisnis. Caranya adalah dengan melayani pelanggan secara optimal dan selalu bersikap jujur dengan apa yang dikerjakan.

Berprinsip Pada Ilahi

Hal ini merupakan salah satu penyerahan diri pada Allah, sebab setiap hal yang dilakukan tak pernah lepas dari pengawasan Allah.

Berani Bermimpi dan Mewujudkannya

Nabi selalu berani untuk bermimpi. Bahkan, tatkala ia masih menjadi seorang penggembala kambing pun ia telah bermimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses, dengan begitu ia akan berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya.