Beberapa Hal Penting yang Diperlukan Untuk Memilih Pemimpin Menurut Kajian Islam

BeritaMuslim.com – Dalam Islam, kegiatan untuk memilih pemimpin sangatlah diatur oleh Allah dan Rasulullah dalam Al Qur’an dan Hadits. Menentukan seorang pemimpin bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, sebab pemimpin yang baik memiliki kriteria kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Sehingga, mencari seseorang yang memiliki beberapa kriteria yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin menjadi sebuah tanggung jawab besar yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jika seorang muslim salah memilih pemimpin, maka kelak ia pun akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT. Sungguh hal ini menunjukkan bahwa umat muslim memang sangat dianjurkan untuk memilih pemimpin yang benar benar memiliki porsinya sebagai seorang pemimpin. Apalagi, pemimpin adalah orang yang memang akan menentukan nasib umatnya dalam kehidupan mendatang tatkala ia mulai bertugas untuk memimpin masyarakat.

Sebagai seorang muslim yang baik, sebelum menentukan sebuah keputusan dalam menentukan seorang pemimpin hendaknya mengetahui bagaimana figur atau sosok pemimpin yang paling baik atau paling ideal menurut penggambaran Allah dan Rasulullah. Hal tersebut akan menjadi kunci bagaimana seorang muslim menjatuhkan pilihan pada calon pemimpin, atau setidaknya dengan mengetahui kriteria yang telah digambarkan oleh Allah dan Rasulullah maka dapat meminimalisir kesalahan dalam memilih seseorang yang akan dijadikan sosok pimpinan.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa: “Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya,maka tunggulah kehancurannya.” Dari hadits tersebut jelas bahwa memilih pemimpin yang tepat adalah sesuatu yang mutlak untuk menghindari kehancuran dalam suatu kelompok. Pemimpin harus mampu menjadi panutan bagi umatnya untuk menuju ke jalan yang terbaik.

Oleh karena itu, untuk melengkapi dan mendukung penggambaran sosok pemimpin yang ideal, setidaknya seorang pemimpin harus memiliki sifat sifat dasar seorang pemimpin seperti sifat amanah, jujur, dan bertanggung jawab. Ketiga sifat tersebut adalah dasar yang mutlak dimiliki oleh seseorang yang layak menjadi pemimpin.

Namun demikian, sifat dasar sebagai seorang pemimpin pun belum cukup mampu untuk menjadi pertimbangan yang kuat untuk memilih seseorang menjadi pemimpin yang terbaik. Sebab seorang pemimpin juga perlu memiliki keahlian yang dapat membawa kaumnya kembali ke arah yang lurus. Sehingga, selain memiliki sifat dasar seorang pemimpin, maka seorang calon pemimpin juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam memanajemen anggotanya untuk menuju kepada kebaikan.