Ikuti Jalan Hidup Yesus, Pesepakbola Adebayor Mantap Menjadi Muslim

Emmanuel Adebayor

BeritaMuslim.com – Bagi para pecinta olahraga permainan sepak bola tentu nama Sheyi Emmanuel Adebayor sudah sangat akrab terdengar di telinga. Beberapa waktu terakhir ini pemain internasional asal Togo tersebut kerap muncul di dalam berbagai pemberitaan. Alasannya bukan karena prestasi dalam dunia persepak bolaan yang ia torehkan, melainkan karena berpindahnya keyakinan yang ia anut selama ini dari Kristen menjadi seorang Islam.

Tentunya perpindahan keyakinan tersebut tidak dilakukan begitu saja oleh sang bintang lapangan. Adebayor mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa ia sampai bisa yakin meninggalkan Agama Kristen yang selama ini telah ia anut, dan beralih untuk yakin memeluk Islam sepenuh hati. “Aku punya 13 alasan yang kuat mengapa seorang muslim itu sama seperti Yesus dan mereka lebih mengikuti yesus dari pada oreng Kristes,” ungkap Adebayor sebagaimana dikutip dari eramuslim.com.

Hal tersebut jelas menunjukkan bahwa keputusan pesepakbola yang pernah membela klub klub sepak bola top Eropa seperto Manchester City, Arsenal, Real Madrid, dan Tottenham Hotspurs tersebut bukanlah keputusan yang dibuat dalam waktu singkat. Ada perjalanan yang panjang sebelum Adebayor benar benar mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Berikut ini adalah 6 diantara 13 hal yang menjadi alasan mengapa Adebayor mantap memilih Islam sebagai jalan hidupnya.

  1. Yesus tidak pernah memakan daging babi, sebagaimana yang dijelaskan di dalam Leviticus 11:7. Hal ini pun sejalan dengan ajaran Islam sebagaimana yang terkandung di dalam QS. Al An’am: 145.
  2. Yesus mengajarkan bahwa hanya ada satu Tuhan yang berhak untuk disembah, hal tersebut termaktub di dalam Deut 6:4, serta Mark 12:29. Di sisi lain, Ajaran Islam pun menyakini hal yang sama, sebagaimana yang dikatakan dalam QS. An-Nisaa ayat 171.
  3. Yesus juga mengucapkan kalimat yang serupa dengan perkataan umat Islam saat hendak berjanji, yaitu “God Willing” atau secara arab berarti “InsyaAllah.”
  4. Yesus pun mengucapkan salam sebagaimana salam ucapan orang Islam, “Assalamu’alaikum” yang berarti kedamaian selalu bersamamu. Hal ini terkandung di dalam John 20:21.
  5. Yesus pun melakukan shalat sebagaimana nabi nabi yang lain seperti shalat yang dilakukan oleh umat muslim dengan meletakkan kepala di tanah. Hal ini tergambar pada Matthew 26: 39.
  6. Yesus dikatakan bahwa ia juga mencuci wajah, tangan, dan kaki sebelum shalat seperti yang dilakukan oleh umat muslim.

Demikianlah beberapa alasan yang mendasari perpindahan Adebayor dari Kristen menjadi seorang Muslim sebagaimana yang dikutip dari eramuslim.com.