Kekuatan Kalimat Syahadat Bagi Umat Muslim yang Menyerahkan Hati Mereka

Kalimat Syahadat

BeritaMuslim.com – Setiap muslim pasti pernah mengucapkan kalimat syahadat, sebab kalimat tersebut merupakan kalimat untuk menyerahkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya dengan yakin dan mantap menjadi bagian dari agama islam. Orang yang memang terlahir sebagai seorang muslim—dengan kata lain dari orang tua seorang muslim—sejak kecil telah diajarkan untuk memaknai kalimat syahadat.

Sedangkan bagi orang orang yang tidak terlahir sebagai seorang muslim—dalam arti terlahir dari orang tua non muslim—yang pada suatu ketika telah mendapatkan hidayah dari Allah SWT dan memantapkan diri untuk memeluk islam, maka ia harus mengucapkan kalimat syahadat dengan sepehuh hati. Hal tersebut seperti halnya menyerahkan seluruh hati dan jiwa kepada Allah dan Rasulullah.

Bunyi kalimat syahadat sesungguhnya sangat sederhana, “Asyhaduala ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah.” Kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia berarti, “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya.” Dari kalimat yang sederhana tersebut, tersimpan pemahaman makna yang sangat luar biasa indah. Tidak semua orang dapat mengucapkannya dengan sepenuh hati.

Tanpa mengucapkan kalimat syahadat tersebut seorang non muslim tidak akan pernah bisa menjadi muslim. Dan mampu mengucapkan kalimat tersebut dengan fasih pun belum berarti seseorang bisa disebut sebagai muslim sejati, semuanya harus dilandasi dengan ketetapan hati yang ikhlas dan tunduk patuh terhadap segala ketentuan yang diberikan Allah SWT.

Bahkan, menurut beberapa sumber, disebutkan bahwa seseorang yang hendak meninggal dunia dan mampu mengucapkan kalimat syahadat tersebut sebagai kata kata terakhirnya sebelum Izrail benar benar mencabut nyawanya, maka ia dapat dipastikan akan masuk surga. Namun demikian, tidak semua orang mampu mengucapkan syahadat dengan hati yang benar benar telah tunduk patuh kepada Allah pada saat saat terakhir.

Oleh sebab itu, beberapa ulama juga menganjurkan kepada para umat muslim supaya banyak banyak mengucapkan kalimat syahadat selama masih hidup, sebab hal tersebut merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan rida Allah SWT sebagai pemberat amalan baik dalam catatan malaikat.