Kriteria Mampu Untuk Melaksanakan Ibadah Haji dan Keutamaannya yang Perlu Diketahui Oleh Muslim Sejagat

Kewajiban Ibadah Haji

BeritaMuslim.com – Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi semua umat muslim. Namun, karena tidak semua orang yang beragama islam diberikan rezeki yang dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah haji yang hanya dapat dijalankan di Arab Saudi, tepatnya di kota Makkah, Madinah dan sekitarnya, maka hukum ibadah haji ini menjadi diwajibkan bagi umat muslim yang mampu.

Sesungguhnya, selain masalah materi, ada beberapa hal yang menjadi dasar kriteria mampu dalam melaksanakan haji. Seperti misalnya kondisi kesehatan dan juga kondisi lingkungan di sekitar. Hal hal tersebut juga harus menjadi perhatian bagi orang orang yang hendak menjalankan ibadah haji ke Arab Saudi. Jangan sampai seorang muslim mampu melaksanakan haji namun tidak memiliki kepekaan sosial pada lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Seseorang yang hendak menjalankan ibadah haji tentu selain harus memiliki persiapan materi yang cukup juga harus memiliki bekal kesehatan dan ilmu agama yang cukup pula. Selain itu, ia juga harus memastikan bahwa tidak ada tetangga atau orang orang disekitar lingkungannya yang mengalami kesusahan dalam hal finansial. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya biaya untuk ibadah haji diberikan kepada mereka yang jauh lebih membutuhkan.

Keutamaan Ibadah Haji

Itulah sebaik baiknya haji, mengikhlaskan segala sesuatu untuk mengharap ridha Allah SWT. Di sisi lain, ibadah haji memiliki keutamaan yang benar benar dapat membuat kehidupan seseorang yang telah menjalankannya menjadi penuh dengan keberkahan.

Haji Adalah Ibadah yang Paling Afdhal

Rasulullah pernah bersabda ketika ditanya oleh seorang sahabat, bahwa amalan yang paling Afdhal yang pertama adalah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, lalu berjihad di jalan Allah, dan yang ketiga adalah menjadi haji mabrur.

Ibadah Haji yang Dilakukan Tanpa Bercampur dengan Dosa Akan Dibalas dengan Surga

Dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah pernah bersabda bahwa, “Haji mabrur tidak ada balsan yang pantas baginya selain surga.”

Haji Adalah Amalan Jihad Fisabilillah

Menjalankan ibadah haji sama saja dengan melakukan jihad di jalan Allah, dan hal tersebut termasuk ke dalam salah satu ibadah yang paling Afdhal.

Demikianlah beberapa keutamaan haji bagi umat muslim. Sebenarnya selain ketiga hal di atas masih banyak keutamaan haji lainnya yang memang sangat melimpah ruah.