Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Sebagai Sarana Ibadah

BeritaMuslim.com – Perkembangan zaman yang dibarengi dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi membuat orang orang semakin mudah dalam menjalankan ibadah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan gadget sebagai salah satu sarana untuk menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya. Apa sajakah jenis amalan ibadah yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era yang semakin modern seperti ini? Simak beberapa hal bernilai ibadah yang dapat dilakukan via gadget berikut ini,

  1. Al Quran Digital

Al Quran digital sekarang ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat luas. Tidak seperti zaman dahulu di mana orang orang awam masih merasa aneh jika harus menggunakan media digital untuk membaca Al Quran, seolah olah ada sesuatu yang kurang afdhal dari media tersebut. Namun, saat ini keberadaan Al Quran digital sudah dapat diterima oleh mayoritas masyarakat karena memang dinilai cukup memudahkan penggunanya.

Selain itu, nilai ibadah yang dilakukan seseorang ketika membaca Al Quran secara manual—menggunakan Al Quran cetak seperti pada umumnya—dengan membaca Al Quran digital pun besarnya sama. Keduanya merupakan amalan ibadah yang sama sama baik, intinya pun sama untuk mencari rida Allah SWT.

Apalagi keberadaan Al Quran digital saat ini mampu memberikan berbagai macam fitur yang dapat membuat pengguna semakin dimudahkan untuk mempelajari Al Quran sesuai dengan tata cara yang paling tepat, seperti misalnya ada penanda untuk tempat tempat yang perlu penekanan tajwid, dan lain sebagainya.

  1. Murrotal Al Quran

Murrotal merupakan bacaan ayat ayat suci Al Quran yang direkam dalam format mp3 atau sebagainya yang dapat dipergunakan sebagai salah satu media untuk mempelajari Al Quran atau sekadar mendengarkan bacaan bacaan surat surat di dalam Al Quran. Kemajuan teknologi juga turut memengaruhi perkembangan rekaman murrotal Al Quran tersebut, sehingga dengan adanya alat alat komunikasi berbasis sistem operasi android dan sebagainya dapat mempermudah umat muslim untuk mengkaji Al Quran via suara.

Keberadaan teknologi teknologi tersebut sejatinya selalu memberikan pengaruh positif kepada masyarakat, hanya saja terkadang beberapa oknum memang tidak bisa memanfaatkan kemajuan teknologi secara bijak, sehingga banyak disalah gunakan. Akhirnya, semua kembali kepada masing masing individu, jika seseorang bisa bersikap bijak pada perkembangan teknologi, tentu saja berbagai dampak positif pun juga akan didapat, bahkan bisa dipergunakan sebagai sarana ibadah.