Mencari Solusi Untuk Masalah Klasik yang Kembali Mencuat, Soal Beban Tas Sekolah

BeritaMuslim.com – Kabar kurang baik kembali muncul dari dunia pendidikan Indonesia. Kali ini adalah giliran persoalan beban tas yang harus dibawa oleh anak sekolah yang dinilai terlalu berat. Sebenarnya, jika ditelisik lebih lanjut, persoalan semacam ini sudah menjadi isu sejak lama. Namun, baru baru ini, selepas masa orientasi siswa di sekolah sekolah selesai, permasalahan terkait hal tersebut kembali dipersoalkan lagi.

Kali ini, pihak yang kembali mengangkat persoalan terkait beban tas sekolah adalah para orang tua yang anaknya masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) pada beberapa sekolah di DKI Jakarta. Bahkan, permasalahan soal beban tas sekolah yang dinilai melebihi batas kewajaran tersebut juga dikeluhkan oleh anak dari gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok.

Ahok menyatakan bahwa anaknya pernah mengeluh ketika membawa tas sekolah yang beratnya sudah seperti beratnya tas tentara yang mau perang,  pada hari Kamis (30/7) lalu di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat sebagaimana dilansir dari detik.com.

Hal tersebut juga keluhkan oleh beberapa masyarakat umum yang mengaku mendapatkan laporan dari anaknya bahwa beban tas sekolah mereka memang terlalu berat karena harus membawa banyak buku buku pelajaran sekaligus peralatan sekolah yang lain, termasuk juga bekal makanan dan minuman. Sehingga dengan demikian berat tas anak sekolah memang telah melebihi batas wajar.

Dampak Negatif Beban yang Berlebih

Padahal secara medis, beban yang terlalu berat akan berpengaruh pada struktur tulang belakang jika dibawa terus menerus. Sehingga seseorang bisa memiliki tulang belakang yang bengkok, hingga terjadi masalah dengan tinggi badan. Selain itu, adanya persoalan dalam hal beban tas sekolah juga menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia belum benar benar efektif. Apalagi, siswa siswi yang mengalami persoalan ini adalah siswa siswi yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Itu berarti ada banyak hal tidak efektif di sini.

Beberapa Solusi Untuk Mengurangi Beban Tas Siswa

Seharusnya sekolah memang menyediakan loker untuk menyimpan beberapa buku siswa yang memang tidak perlu untuk dibawa pulang ke rumah. Selain itu untuk masalah makanan dan minuman, jika memang orang tua siswa tidak ingin anaknya jajan sembarangan, maka sebaiknya melakukan kerjasama dengan pihak sekolah supaya menyediakan bekal makan dan minuman untuk putra putri mereka, sehingga beban yang harus dibawa dalam tas siswa pun dapat berkurang.