Mereka yang Telah Renta Saja Masih Giat Bekerja, Bagaimana dengan Anda?

BeritaMuslim.com – Setiap detik, setiap menit, setiap jam, hingga setiap hari, minggu, bulan bahkan tahun, manusia memang diwajibkan untuk bekerja sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kehidupan duniawinya. Banyak sekali macam pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, dan dari semua itu, ada beberapa pekerjaan yang memang sungguh memilukan hati siapa saja yang menyaksikannya.

Pekerjaan ini sebenarnya pekerjaan yang wajar, malah cenderung biasa, tidak ada yang spesial. Namun, pekerjaan ini tampak mengharukan karena dikerjakan oleh orang orang yang telah lanjut usia, renta, dan seharusnya mereka tidak lagi melakukan pekerjaan seperti demikian. Namun apa daya, tuntutan kebutuhan untuk bertahan hidup membuat mereka tetap giat bekerja.

Mungkin anda sudah banyak mendengar kisah kisah pedagang tua yang menjual barang barang seperti amplop, peralatan rumah tangga, kue kue jajan pasar, dan barang barang lain yang dilakukan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain, di bawah teriknya panas matahari, di bawah basahnya rintik hujan, diantara debu dan asap kendaraan.

Mereka Berdagang, Bukan Mengemis

Siapa yang tidak akan iba melihat mereka yang telah renta tetap semangat mengais rezeki yang ditebar oleh Yang Maha Kuasa. Apalagi, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka, kecuali membeli dagangan mereka. Beberapa kisah terkait hal ini selalu saja menceritakan bahwa mereka—orang orang tua yang masih berjualan—sangat enggan menerima uang secara cuma cuma dari beberapa orang yang berniat membantu, mereka menolak karena mereka bukanlah pengemis, selama mereka masih mampu bekerja, mereka tidak akan pernah mengemis.

Sungguh hal ini menjadi pukulan keras bagi kita semua yang masih diberikan kesehatan dan kekuatan jika kita gemar mengeluh. Jangan sampai kita kalah dengan mereka yang telah berusia lanjut, jangan sampai kita mendustakan nikmat yang diberikan oleh Tuhan dengan cara menjadi peminta minta, menipu orang dengan tampil memelas untuk mendapat belas kasih. Sungguh hal itu sangat memalukan.

Mereka yang telah rapuh, namun masih giat bekerja, sejatinya harus kita jadikan contoh dalam menjalani kehidupan yang memang tidak mudah ini. Kita harus percaya jika Tuhan pasti memiliki rencana yang lebih baik untuk kita semua dengan jalan yang berbeda antara satu umat dengan umat yang lain.