Para Lelaki, Berusahalah Mengerjakan Sholat Wajib Berjamaah di Masjid, Pahalanya Dilipat Gandakan Hingga 27 Kali Lipat

Sholat Berjamaah

 

BeritaMuslim.com – Sholat merupakan salah satu ibadah yang menjadi kewajiban bagi setiap orang yang beragama islam. Bagi para muslim dan muslimah, sholat adalah tiang agama. Sehingga, dengan seseorang mengerjakan sholat—dengan baik dan benar—maka niscaya ia akan membuat kokoh dasar agamanya. Hal tersebut berarti, jika sholat seseorang telah benar—sesuai dengan yang dituntunkan oleh Rasulullah, maka amalan amalan yang lain selama hidup pun akan terlaksana dengan benar pula.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sholat memang merupakan amalan ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim. Hingga Allah memberikan perintah lewat firman yang disampaikan-Nya kepada Rasulullah SAW pada saat beliau melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj untuk melaksanakan sholat.

Berdasarkan beberapa sumber dissebutkan bahwa pertama kali Allah memerintahkan Rasulullah beserta umatnya untuk mengerjakan sholat sebanyak 50 waktu dalam satu hari. Namun, Rasulullah menolak karena menganggap hal tersebut terlalu memberatkan umatnya. Hingga akhirnya perintah sholat yang wajib dijalankan oleh setiap muslim adalah 5 kali dalam sehari. Terkait kebenaran berita tersebut, wallahualam.

Sholat lima waktu yang hingga saat ini menjadi kewajiban bagi setiap muslim tersebut adalah SholatSubuh, Sholat Dzuhur, Sholat Asar, Sholat Maghrib, dan Sholat Isya’. Kelimanya dikerjakan pada waktu yang berbeda beda. Seperti ketika subuh dikerjakan pada saat fajar, dzuhur dikerjakan pada pertengahan hari, asar dikerjakan pada saat menjelang senja, maghrib dikerjakan pada saat petang, dan isya’ dikerjakan seusai maghrib hingga malam sebelum waktu subuh tiba.

Kewajiban sholat bagi seorang muslim tidak sampai di sini. Allah telah menjelaskan bahwa para muslimin atau muslim laki laki wajib mengerjakan ibadah sholat wajib di masjid secara berjamaah, sedangkan untuk para muslimah Ia memerintahkan sebaiknya mengerjakan sholat wajib di rumah, walaupun tidak melarang mereka untuk berangkat ke masjid.

Kewajiban tersebut tidak serta merta dilakukan tanpa adanya imbalan dari Allah SWT. Allah menjanjikan bahwa orang yang menjalankan sholat secara berjamaan maka ia akan mendapatkan pahala sebesar 27 kali lipat, sedangkan seseorang yang hanya mengerjakan sholat sendirian maka ia “hanya” akan mendapatkan satu pahala saja. Namun demikian, sholat yang paling baik adalah sholat yang dilakukan secara khusyu’ untuk mendapatkan rida Allah, bukan mengharapkan imbalan apapun.