Para Pemimpin Terhebat Sepanjang Zaman Dalam Kajian Sejarah Peradaban Islam

Pemimpin Sahabat Nabi

BeritaMuslim.com – Kepemimpinan Islam telah berlangsung sejak diangkatnya Muhammad sebagai seorang rasul pada saat usianya menginjak angka 40 tahun. Pada saat itu Muhammad adalah seorang pedagang sukses yang memiliki istri bernama Siti Khadijah. Pengangkatan Muhammad sebagai seorang rasul yaitu dengan diturunkannya wahyu yang pertama kali di Gua Hira. Wahyu yang pertama tersebut adalah QS. Al Alaq ayat 1 sampai dengan ayat 5.

Bunyi kata pertama dalam ayat tersebut adalah “iqra” yang berarti bacalah. Rasulullah diminta oleh Malaikan Jibril sebagai malaikat yang menyampaikan wahyu untuk mengawali semuanya dengan bacalah. Namun, karena Rasulullah—menurut berbagai sumber—adalah seseorang yang buta huruf (tidak bisa baca tulis) maka Malaikat Jibril mengulanginya hingga beberapa kali hingga rasulullah dapat menghafal wahyu yang disampaikan tersebut.

Sejak saat itulah Nabi Muhammad mulai menyampaikan kepada umatnya dakwah islam secara sembunyi sembunyi. Orang yang pertama kali menerima dakwah rasulullah adalah sang istri yaitu Siti Khadijah. Ia termasuk dalam umul mukminin atau orang orang yang pertama kali masuk islam.

Seiring berjalannya waktu maka rasulullah mulai mengubah cara berdakwahnya dari yang sembunyi sembunyi menjadi secara terang terangan. Hal tersebut dilakukan karena semakin banyaknya pengikut rasul yang menyatakan diri masuk islam. Saat itulah kepemimpinan dalam Islam dipegang oleh Rasulullah SAW.

Hingga akhirnya pada saat Rasulullah telah berusia 63 tahun, dan saat itu islam telah berkembang pesat di berbagai negeri, Rasulullah wafat. Berita tersebut tentu memberikan pukulan yang luar biasa bagi kaum muslim pada saat itu, seorang pemimpin yang hebat, seorang rasulullah telah meninggal dunia. Maka kosonglah kepemimpinan islam selama beberapa saat hingga akhirnya diangkatlah salah satu sahabat nabi sebagai pemimpin, Dia adalah Abu Bakar Ash Shidiq.

Pasca dipimpin oleh Abu Bakar Ash Shidiq Islam pun semakin berkembang. Dan akhirnya setelah Abu Bakar wafat, maka kepemimpinan diambil alih oleh sahabat nabi yang lain yaitu Umar Bin Khattab, dan dilanjutkan oleh Usman Bin Affan setelahnya. Pada masa kepemimpinan Para sahabat tersebut, perintah Allah yang sampaikan kepada Nabi beserta sabda Rasullullah dijalankan dengan sebaik baiknya. Hingga pada periode selanjutnya kepemimp[inan jatuh pada sahabat yang terakhir yakni Ali Bin Abi Thallib. Semuanya berjalan lancar, mereka semua adalah pemimpin terhebat sepanjang zaman.