Sebisa Mungkin Hindari Pacaran, Mencegah Perbuatan Zina

Anti Pacaran

BeritaMuslim.com – Pacaran. Kata itu tampaknya telah menjadi sebuah kata yang amat akrab di telinga para remaja zaman sekarang ini. Bahkan, banyak yang sampai beranggapan kalau anak muda tidak pacaran berarti tidak gaul, cupu, dan berbagai macam kata julukan julukan negatif yang lainnya. Tentu saja hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran perkembangan kebudayaan pada diri remaja, terutama remaja remaja yang beragama Islam.

Di dalam Al Quran sudah sangat jelas diterangkab bahwa seorang yang bukan muhrim dilarang untuk melakukan suatu hubungan yang dapat menyebabkan timbulnya fitnah. Saking urgennya larangan tersebut, Allah pun berfirman tentang siapa siapa saja yang merupakan seorang muhrim bagi seseorang.

Namun, seperti yang telah sedikit disinggung di awal bahwa saat ini orang orang—para remaja khususnya—telah mengalami pergeseran budaya. Pacaran atau berhubungan dengan lawan jenis yang bukan muhrim telah menjadi sebuah kelaziman, bahkan yang tidak melakukannya malah banyak yang diserbu dengan beragam olok olokan. Itu artinya, pengetahuan agama para remaja saat ini memang sudah sangat layak jika harus disebut telah memprihatinkan.

Padahal remaja adalah calon calon pemimpin negeri ini di masa yang akan datang. Lantas, bagaimanakah kondisi negeri ini kelak jika telah dipimpin oleh bibit bibit yang tidak paham agama? Perlu menjadi sebuah perenungan untuk semua umat muslim.

Larangan Pacaran Oleh Firman Allah

Sebenarnya, larangan pacaran bukanlah tanpa sebab. Pacaran merupakan sebuah hubungan yang hanya akan menimbulkan banyak mudharat daripada manfaatnya, lebih lebih saat ini remaja Indonesia telah cukup berani atau ekspresif dalam menunjukkan perasaan mereka kepada lawan jenis. Tentu hal tersebut tidak dapat dinilai sebagai perkembangan yang positif bagi seorang remaja muslim.

Hubungan dengan orang yang bukan muhrim bisa menjadi sarana syaitan untuk mengajak manusia melakukan hal hal yang sangat dilaknat Allah. Salah satunya adalah terjerumus ke dunia pergaulan bebas yang biasanya akan berujung pada perbuatan Zina. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Dalam firman-Nya QS Al Israa’ ayat 32 disebutkan bahwa, “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”