Teori Teori Terkuat Penyebaran Ajaran Agama Islam di Nusantara

Penyebaran Islam di Nusantara

BeritaMuslim.com – Dalam kajian ilmu sejarah, sudah menjadi rahasia umum bahwa pengaruh islam pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh seorang pedagang dari negeri Arab, Gujarat, dan juga Persia. Pada saat itu banyak pedagang yang melakukan perjalanan untuk berdagang dan mencari rempah rempah. Indonesia—yang dulu disebut sebagai Nusantara—merupakan negeri yang kaya akan hasil rempah, sehingga banyak pedagang yang mendatanginya.

Dari perdagangan tersebut muncullah hubungan antara orang orang Indonesia dengan para pedagang tersebut. Ternyata selain berdagang mereka juga membawa misi lain, yaitu menyebarkan ajaran agama Islam. Sedikit demi sedikit, sambil berdagang para para pedagang tersebut memberikan pengaruh islam kepada para penduduk pribumi, dimulai dari sistem berdagang hingga sampai pada sistem sistem kehidupan sehari hari yang lainnya.

Menurut beberapa sejarawan, penyebaran Islam di nusantara tersebut dimulai pada abad ke 13 masehi. Kemudian, mereka menyimpulkan bahwa penyebaran islam ke nusantara ke dalam tiga teori penyebaran. Hal tersebut dikarenakan ada tiga pihak yang dinilai turut menyebarkan ajaran agama islam pada saat itu, yaitu pihak pedagang Arab, Gujarat, serta Persia.

Teori Masuknya Islam Ke Nusantara

Berdasarkan Teori Gujarat, masuknya islam ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat pada abad ke 13 masehi. Teori ini dicetuskan oleh seorang ahli sejarah yang bernama Snouck Hurgronje. Selanjutnya berdasarkan Teori Persia, agama islam dibawa oleh pedagang Persia (atau kini Iran), teori tersebut dipelopori oleh P.A.Huein Hidayat yang didasarkan pada fakta bahwa terdapat kesamaan budaya islam di Indonesia dan di Persia.

Kemudian teori yang ketiga adalah Teori Mekkah. Teori ini merupakan teori yang menyatakan bahwa agama islam disebarkan di Indonesia oleh pedagang yang berasal dari Mekkah, Arab. Teori ini diperkuat dengan adanya sebuah berita dari China yang menyatakan bahwa pada abad ke 7 masehi sudah terdapat sebuah perkampungan muslim yang terletak di Pantai Barat Sumatera.

Dari semua teori tersebut, memang semuanya memiliki dasar yang kuat sebagai teori yang paling tepat, sehingga tidak dapat disimpulkan teori yang manakah yang merupakan teori yang paling tepat dalam penyebaran agama islam ke nusantara. Maka dari itu, ketiga kelompok pedagang yang berasal dari tiga wilayah yang berbeda tersebutlah yang dianggap sebagai penyebar agama islam di nusantara.